Like

Join This Site !~

Oke :-)

Home » » Langkah Membuat Instalasi Windows 8 menggunakan Flashdisk

Langkah Membuat Instalasi Windows 8 menggunakan Flashdisk




Microsoft telah merilis Windows 8 versi Beta di perhelatan Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, akhir Februari lalu. Windows 8 versi Beta ini juga disebut Windows 8 Consumer Preview. Banyak fitur-fitur terbaru dari Windows 8 tersebut.

Untuk mencoba berbagai macam fitur terbaru tersebut, anda harus menginstall Windows 8 ini terlebih dahulu...
Namun, pada sesi ini saya tidak menjelaskan cara instalasi windows 8, karena langkah dan cara installasinya hampir sama saja dengan windows 7, jadi dalam instalasi, tidak begitu banyak berubah.
Pada Postingan saya sebelumnya, saya ada membahas masalah "Langkah Membuat Setup Windows 7 di Flasdisk Menggunakan Software WinToFlash". Nah, di postingan kali ini akan saya bahas lagi bagaimana Langkah membuat Instalasi Windows 8 Menggunakan Flasdisk. Namun, disini saya tidak menggunakan software, dan hanya memanfaatkan fasilitas yang ada di Command Promt Windows.

Baiklah, untuk lebih jelasnya, silakan anda ikuti langkah-langkah yang dijelaskan Oleh Mr. benchmark di bawah ini :

1. Siapkan sebuah laptop yang sudah terinstall Windows (baik itu windows xp, 7, atau 8 ) semuanya bisa menjalankan command promt.

2. Selanjutnya, siapkan flasdisk kosong yang sudah di format sebesar 4GB atau 8GB, dan tancapkan ke laptop/komputer anda. dan ingat posisi drive nya berada.

3. Masukkan DVD installer Windows 8 anda ke komputer/laptop, jgn lupa mencatat posisi drive DVD anda . Kalau belum punya installer Windows 8, langsung di download disini

4. Nah, kemudian setelah semuanya sudah siap, silakan langsung menuju Start Menu>>Accessories>>command promt. Disini saya menggunakan windows 7 dan saya klik kanan, kemudian Run as Administrator.




5. Lalu ketikkan perintah : diskpart dan tekan ENTER,






6. Kemudian ketikkan perintah : list disk, dan tekan ENTER. Hasilnya, semua semua disk yang ada pada komputer anda di tampilkan, termasuk Flasdisk yang anda tancapkan.






7. Dikomputer saya Flasdisk berada pada disk 2mungkin tidak sama dengan yang ada di komputer anda, namun intinya posisi Flasdisk umunya ada di posisi list paling akhir. Maka pilih disk tersebut , caranya : gunakan perintah : select disk 2 dan tekan ENTER. Kini disk 2 sudah jadi pilihan utama anda.





8. Lanjutkan dengan memilih partisi yang ada dalam Flasdisk tersebut, sebelumnya anda perlu tahu jumlah partisi dalam flasdisk ini. perintah untuk melihat jumlah partisi, silakan ketikkan : list partition, dan jumlah partisi yang ada dalam Flasdisk ditampilkan. Umumnya memang hanya ada satu partisi saja dalam sebuah Flasdisk.



9. Lalu pilih partisi tersebut, gunakan perintah : select partition 1 , kemudian tekan ENTER partisi 1 telah dipilih.





10. Selanjutnya, anda harus mengaktifkan partisi tersebut, maka ketikkan perintah : active dan tekan ENTER. Kini partisi anda sudah dalam keadaan aktif, artinya Flasdisk ini bisa untuk booting, namun belum selesai sampai disini. Kini anda perlu memformat kembali Flasdisk anda dengan sistem NTFS, caranya ketikkan perintah : format fs=ntfs quick. Tunggu proses format sampai selesai..



 


11. Kini, silakan anda keluar dari DISKPART, cukup ketikkan EXIT dan tekan ENTER. Maka anda kembali pada prompt C:\>




12. Sekarang kita akan memanfaatkan perintah xcopy untuk melakukan copy file dari DVD Windows 8 Consumer Preview tersebut.
Langsung aja ketikkan perintahnya xcopy e:\*.* /q/h/s i:\, dimana :

E:\  = drive Windows 8 pada komputer/laptop saya
*.* = semua file yang ada pada drive
/Q = tidak perlu menampilkan proses copy yang berjalan
/H = copy sistem file dan semua file yang tersembunyi (hidden)
/S  = copy semua direktori dan sub direktori meskipun kosong (empty)
J:\  = drive Flasdisk (pada komputer/laptop saya)

Mungkin tidah sama drive E dan drive i yang ada pada komputer kami dengan komputer anda, jadi anda perlu memeriksa pada Windows Explorer ,posisi drive windows 8 dan flasdisk anda. Tunggu proses transfer file windows 8 ke flasdisk hingga selesai. Kini Flasdisk anda sudah menjadi Bootable Windows 8 dan siap dipakai untuk melakukan installasi pada komputer anda, khususnya yag berjenis netbook yang tidak ada optical drive-nya..





Selamat mencoba ..

Salam blogger bewbie :-))








Share this article :

Ditulis Oleh : Haris Benchmark

Artikel Langkah Membuat Instalasi Windows 8 menggunakan Flashdisk ini ditulis oleh Haris Benchmark pada hari Senin, 30 April 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Langkah Membuat Instalasi Windows 8 menggunakan Flashdisk dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Perhatian : Untuk Penyalahgunaan Artikel, Tips dan Trik, Serta Software Aplikasi yang ada dalam blog ini bukan tanggung jawab kami. Terima Kasih

:: Salam, Blogger Newbie ! ::

Source » http://www.belajardarimembaca.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BENCHMARK

AUTO PING

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
 
Support : Creating Website | Benchmark Template | Benchmark | Benchmark Demosite
Copyright © 2011. Catatan Seorang Newbie~! - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger