Like

Join This Site !~

Oke :-)

Home » » Uji Coba 'Setrum' dengan Baterai 9 Volt Sebagai Alat Bantu Kinerja Otak

Uji Coba 'Setrum' dengan Baterai 9 Volt Sebagai Alat Bantu Kinerja Otak

Dari uji coba pada 15 relawan dengan kondisi sehat, "setrum" ringan menggunakan jaringan kabel yang disambungkan ke baterai itu mampu meningkatkan kecerdasan relawan.




Ilmuwan Universitas Oxford berniat mengembangkan cara khusus untuk meningkatkan kinerja otak yang diberi nama Transcranial Direct Current Stimulation (TCDS). Dalam pengembangannya, ilmuwan tengah mempelajari apakah mengalirkan listrik lewat baterai 9 volt ke kulit kepala bisa mempercepat sistem kerja otak.

Pimpinan riset, Professor Heidi Johansen-Berg, beserta timnya melakukan tes pada 15 relawan dengan kondisi fisik sehat. Salah satu kabel elektroda ditempatkan di atas telinga kiri dan bagian lainnya di telinga kanan. Setelah dikejutkan, relawan diminta untuk memainkan game komputer dan hasilnya para relawan bisa dengan mudah memainkan game setiap levelnya.

"Di masa depan, kami berharap bisa menggunakan ini. Sebagai contoh untuk melatih atlit agar bisa bermain tenis atau mengayuh lebih cepat dengan menstimulasi otak mereka secara sederhana," kata pimpinan riset, Professor Heidi Johansen-Berg. "Kami menargetkan teknik ini bisa mempengaruhi fungsi motorik di area khusus pada otak. Kemungkinan teknologi ini juga digunakan untuk membuat anak-anak bisa belajar dengan baik di sekolah meski tentu saja akan mengundang pertanyaan dari segi etika dan moral."

Diungkapkan Profesor Heidi, teknik ini sebenarnya difokuskan untuk membantu pasien penderita stroke. Dengan setrum tersebut diharapkan otak bisa memerintahkan pasien untuk berjalan, berbicara dan mengenakan pakaian tanpa bantuan.

"Ada kebutuhan untuk perawatan baru bagi penderita stroke. Masih banyak pasien penyakit stroke," kata Heidi. "Segalah sesuatu yang bisa meningkatkan kemajuan fisioterapi dan bisa digunakan di rumah akan memberikan pengaruh besar untuk jangka panjang."

Meski begitu, metode ini hanya bertahan selama setengah jam dan belum bebas dari kesalahan. Jika jarak setrum terlalu dekat dengan aktivitas atau salah menempatkan kabel yang mengalirkan listrik, maka justru berakibat fatal.

Sumber : wow keren news

Share this article :

Ditulis Oleh : Haris Benchmark

Artikel Uji Coba 'Setrum' dengan Baterai 9 Volt Sebagai Alat Bantu Kinerja Otak ini ditulis oleh Haris Benchmark pada hari Sabtu, 17 September 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Uji Coba 'Setrum' dengan Baterai 9 Volt Sebagai Alat Bantu Kinerja Otak dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Perhatian : Untuk Penyalahgunaan Artikel, Tips dan Trik, Serta Software Aplikasi yang ada dalam blog ini bukan tanggung jawab kami. Terima Kasih

:: Salam, Blogger Newbie ! ::

Source » http://www.belajardarimembaca.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BENCHMARK

AUTO PING

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
 
Support : Creating Website | Benchmark Template | Benchmark | Benchmark Demosite
Copyright © 2011. Catatan Seorang Newbie~! - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger